Sakit Punggung Karena Rusaknya Sendi Kecil di Tulang Belakang

Pada ruas-ruas tulang belakang manusia bagian leher, dada dan perut, di tiap ruasnya terdapat sendi kecil yang disebut sendi facet. Sendi facet menghubungkan antara sisi belakang satu ruas tulang dengan ruas lainnya. Sendi facet seperti sendi-sendi lain memiliki bantalan tulang rawan atau yang disebut kartilago, yang berfungsi menyangga beban dan menghindari gesekan atau benturan antara tulang saat sendi bergerak.

Tulang rawan atau kartilago sendi facet dapat mengalami kerusakan berupa retak atau penipisan (aus). Nyeri dapat terjadi saat kedua sisi sendi facet bersentuhan atau bertumpu satu sama lain karena bantalan penahan antar tulang rusak. Residu atau pecahan kecil dari tulang rawan yang rusak juga memicu reaksi radang tubuh. Akibatnya sendi facet bengkak dan lagi-lagi timbul nyeri.

Sakit punggung akibat kerusakan sendi facet biasanya timbul pada saat beraktivitas sambil berdiri dan dapat berkurang dengan duduk membungkuk. Biasanya juga disertai kram otot di sekitarnya dan penjalaran nyeri ke bagian tubuh lain sehingga sakit punggung terasa kemana-mana. Bisa mirip sakit punggung akibat saraf kejepit.

Jika sakit punggung akibat kerusakan sendi facet ini hanya berlangsung sebentar dan ringan, dapat diberikan obat-obat anti radang atau anti nyeri yang diminum. Jika nyeri lebih hebat, dapat dinjeksi anti radang.

Jika nyeri berlangsung kronis (lebih 2-3 bulan) dilakukan injeksi regeneratif sendi atau PROLOTERAPI.

Injeksi anti radang pada sendi facet dilakukan dengan bantuan visualisasi USG (ultrasonografi, seperti yang digunakan untuk memeriksa ibu hamil) karena sendi facet terletak dalam, tidak bisa diraba dan celah sendinya kecil. Bantuan visual USG juga untuk menghindari jarum suntik melukai organ penting di dekat sendi facet, yaitu akar saraf yang keluar dari tulang belakang.

Tidak berhenti hanya dengan injeksi saja, otot-otot sekitar tulang belakang dan anggota gerak bawah harus dilatih. Latihan bertujuan memperkuat dan menambah kesigapan otot-otot tulang belakang (core stability) agar dapat melindungi sendi facet yang rusak dari cedera atau kerusakan lebih lanjut.

Jika anda mengalami sakit punggung yang tidak kunjung baik, nyeri terasa di punggung saat berdiri sambil beraktifitas dan berkurang dengan duduk membungkuk, serta lagi-lagi divonis saraf kejepit an harus operasi, dapatkan pemeriksaan yang lebih detail dan diagnosa yang akurat oleh dokter yang tepat.

Terapi regeneratif sendi atau PROLOTERAPI dapat mengurangi nyeri dan memperbaiki sendi facet serta memperkuat ligamen-ligamen di sekitarnya.



Ketahui lebih lanjut penyebab sakit punggung anda dan bagaimana pengobatan yang tepat untuk sakit punggung anda. Silahkan klik link di bawah ini:


Apa yang perlu anda ketahui untuk mencegah sakit punggung, fisioterapi apa yang tepat untuk anda dan mitos soal MRI dan jamu. Silahkan klik di bawah ini:



Situs lain yang berguna untuk anda:


dr. Aditya Wahyudi, SpKFR
Dokter Spesialis Kedokteran Fisik & Rehabilitasi
Ahli Otot-Sendi & Cedera Olahraga

Klinik Utama HALMAHERA MEDIKA
Jl. Halmahera no. 2 Bandung

Appointment konsultasi:
Telp 022-4269-0156 atau WA 0817-6040-808