Sakit Punggung karena Kerusakan Pasak Tulang Belakang

Tulang belakang manusia terbentuk dari 33 tulang tersusun rapi dari kepala sampai tulang ekor. Bagian bawah tulang belakang, yaitu tulang sakrum, tertanam erat di tulang panggul. Persis seperti tiang bendera tertanam dalam pondasinya yang terbuat dari besi dan semen.

Semakin kuat angin menerpa bendera semakin besar beban ditahan oleh pasak tiang belakang dalam pondasi semen itu. Jika angin berhembus kencang tiap hari, dalam beberapa tahun pasak dalam pondasi semen itu dapat rusak.

Demikian juga tulang belakang manusia. Tulang belakang menyangga beban dari berat kepala, rongga dada serta berat anggota gerak atas dan gaya yang timbul akibat gerakannya. Lama kelamaan dengan bertambahnya usia, pasak atau penyangga pondasi tulang belakang dapat rusak.

Penyangga pasak itu terbentuk dari sendi sakroiliaka dan ligamen-ligamen (urat putih) di sekitarnya, yaitu ligamen sakroiliak, sakrotuberosum, illiolumbar dan sebagainya.

Kerusakan sendi sakroiliaka dan ligamen-ligamen sekitarnya akan menyebabkan sakit punggung bawah, lebih tepatnya sakit bokong. Sakit bokong ini biasanya timbul saat berdiri lama disertai aktifitas anggota gerak atas, misalnya berdiri lama saat memasak di dapur atau menyetrika baju.

Sakit punggung bawah karena kerusakan sendi sakroiliaka ini dapat disertai nyeri menjalar sepanjang paha belakang, betis hingga kaki. Akibatnya sakit punggung bawah ini sering disangka dokter sebagai saraf kejepit akibat HNP karena gejalanya mirip.

Pengobatan sakit punggung bawah tipe ini tidak bisa diobati hanya dengan minum obat terus-menerus. Yang pertama dilakukan penderita harus mengurangi kegiatan sehari-hari yang memperberat penyakitnya. Misalnya harus memasak atau menyetrika sambil duduk di bangku tinggi, menghindari menggendong anak terus-menerus, merubah cara kerja di pabrik, dan sebagainya.

Langkah berikutnya, penderita harus melakukan senam khusus berupa latihan peregangan otot-otot punggung dan paha belakang serta latihan kekuatan otot-otot perut dan paha depan.

Senam khusus ini harus dilakukan setiap hari sehingga terjadi perbaikan otot-otot tulang belakang dan sekitar pasak tulang belakang. Jika otot-otot itu mempunyai kekuatan cukup untuk menahan pasak beban tulang belakang, diharapkan beban ke sendi sakroiliaka dan ligamen-ligamen sekitarnya dapat dikurangi dan tidak terlalu nyeri.

Kerusakan sendi sakroiliaka dan ligamen sekitarnya diperbaiki dengan injeksi regeneratif sendi, yaitu injeksi PROLOTERAPI. Injeksi PROLOTERAPI memicu radang ringan yang selanjutnya diikuti proses pertumbuhan dan perbaikan sendi dan ligamen yang rusak.

Jika anda mengalami sudah berbulan bahkan tahunan menderita sakit punggung bawah, sudah bosan minum obat nyeri terus-menerus, sudah fisioterapi berulang kali belum ada perbaikan nyata, atau lagi-lagi divonis saraf kejepit dan harus operasi, anda dapat memeriksakan diri ke kami.

Dapatkan diagnosa yang akurat dan pengobatan yang tepat. PROLOTERAPI adalah pengobatan terbaik untuk sakit punggung bawah akibat kerusakan sendi sakroiliaka dan ligamen sekitarnya.



Ketahui lebih lanjut penyebab sakit punggung anda dan bagaimana pengobatan yang tepat untuk sakit punggung anda. Silahkan klik link di bawah ini:


Apa yang perlu anda ketahui untuk mencegah sakit punggung, fisioterapi apa yang tepat untuk anda dan mitos soal MRI dan jamu. Silahkan klik di bawah ini:



Situs lain yang berguna untuk anda:


dr. Aditya Wahyudi, SpKFR
Dokter Spesialis Kedokteran Fisik & Rehabilitasi
Ahli Otot-Sendi & Cedera Olahraga

Klinik Utama HALMAHERA MEDIKA
Jl. Halmahera no. 2 Bandung

Appointment konsultasi:
Telp 022-4269-0156 atau WA 0817-6040-808